SAT Nusantara (Sistem Aplikasi Terpadu - Nusantara) adalah sebuah sistem ERP (Enterprise Resource Planning) atau dalam bahasa Indonesia-nya adalah Perencanaan sumber daya perusahaan.
SAT Nusantara adalah Sebuah sistem informasi yang diperuntukkan bagi perusahan manufaktur maupun jasa, yang berperan menstandardisasikan, mengintegrasikan, mengotomatisasikan dan mengkonsolidasikan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi, produksi maupun distribusi di perusahaan perusahaan.
SAT Nusantara adalah Sistem ERP hasil kreasi anak bangsa sendiri (Indonesia) yang dikembangkan oleh para profesional dan praktisi dari berbagai perusahaan baik nasional maupun multi nasional, yang telah memiliki:
- Pengalaman selama lebih dari 20 tahun, mulai dari praktisi perencanaan strategi bisnis, pratisi pengawasan dan manajerial, sampai dengan pratisi operasional sehari-hari.
- Dedikasi dalam berbagai disiplin ilmu, mulai dari Penjualan & Pemasaran, Pengadaan, Logistik & Pergudangan, Pengiriman & Transportasi, Keuangan & Akuntansi, Perpajakan, Management Pabrik, Manufaktur, Pemeliharaan, Proyek, Sumber Daya Manusia, Pengajian, Manajemen Pelatihan, Manajemen Kinerja, Teknologi Informasi (IBM & SAP)
- Sertifikat Black Belt - Six Sigma, kemampuan menjalankan proyek Total Cost Ownership (TCO), kemampuan menjalankan sistem manajemen OHSAS - 18001, ISO - 9001 dan ISO - 14001.
- Kemampuan sebagai Sistem Analis, Pengembang Aplikasi dan Implementator bagi Sistem IBM & SAP (FI/CO, MM, PM, PP, PS, SD & HR) serta sebagai Perancang Situs Web.
- Pengetahuan perangkat keras dan sistem jaringan, yang pernah berkiprah di salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia.

Dalam SAT Nusantara, semua Data Master di dalam 3 (tiga) modul besar tersebut: (1) Modul Operasi (Operational Module); (2) Modul Akuntasi (Accounting Module); & (3) Modul Sumber Daya (Resources Module) akan dilakukan Proses standardisasi. Data Master yang di-Standardisasi-kan misalkan: Kode Perusahaan (Company Code), Kode Organisasi (Organization Code), Kode Akun (Chart of Account (CoA), Kode Pemasok (Vendor Code), Kode Pelanggan (Customer Code), Kode Material (Material Code), Kode Barang Jadi (Finished Goods Code), Kode Jasa (Service Code), dst.

Data Standardisasi di SAT Nusantara, akan dilakukan secara terpusat(Sentralisasi) di kantor pusat (Head Quarter), oleh personil yang diberikan otorisasi. Untuk menjaga agar data master di semua kantor cabang tetap sama dan standard, personil ini akan melakukan transit data master terkini secara periodic (mingguan atau bulanan), melalui SAT Nusantara.

Semua data transaksi operational sehari hari dari ketiga modul di SAT Nusantara; (1) Modul Operasi, (2) Modul Akuntasi & (3) Modul Sumber Daya, akan di-integrasi-kan, baik secara “On-Line” maupun secara “Semi On-Line”, sesuai dengan kemampuan dan permintaan dari para Mitra Bisnis. Data-data transaksi di semua kantor cabang akan langsung di-integrasi-kan ke Kantor Pusat (Head Quarter), sehingga proses pengontrolan dan pelaporan bisa dilakukan secara up-to-date, minimal laporan harian.

Berdasarkan update data-data transaksi di semua kantor cabang, baik secara “On-Line” maupun secara “Semi On-Line”, maka semua data transaksi operational sehari-hari di semua kantor cabang bisa terkonsolidasi dalam waktu yang relatif cepat.

Dalam SAT Nusantara, Semua data yang sudah pernah dilakukan proses entry tidak akan pernah dilakukan sampai 2 (dua) kali, karena semua data yang sudah pernah di-entry: (1) pada proses sebelumnya akan dipakai oleh proses selanjutnya; (atau 2) data yang sudah pernah di-entry pada modul yang satu akan dipakai pada modul lainnya. Ini merupakan salah satu kelebihan dari proses Otomatisasi data di SAT Nusantara, maka sangat penting untuk melakukan entry data yang benar pada proses awal sekali (Right From the Start)
“What ever you do, Do it right the first time. It does not take longer than doing it bad”
SAT.RTC-POS adalah sebuah perangkat lunak bisnis penjualan retail terbaik dengan fasilitas yang sangat lengkap serta dapat diandalkan. Dikembangkan khusus untuk bidang usaha penjualan retail atau sering disebut Point Of Sale serta aplikasi ini sudah mendukung proses operasional bisnis sehari-hari serta saling terintegrasi.
SAT.RTC-POS dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengusaha retail, dibuat berdasarkan dari survei para analis yang handal sehingga mampu menciptakan suatu program yang sangat canggih dan dapat diandalkan untuk pengembangan usaha penjualan retail. Setiap user dapat mempelajari program ini dengan cepat dan paham, karena program ini dirancang user friendly serta berjalan di lingkungan sistem operasi Windows, sehingga user akan familiar dalam penggunaanya, aplikasi ini juga sudah di desain untuk ruang lingkup Local Area Network (LAN) bahkan Online.
Fitur-Fitur SAT.RTC-POS
1. Resources :
- Inventory
- Pengaturan Kategori produk
- Pengaturan Kelompok Merk
- Pengaturan Atribut Produk
- Pengaturan Satuan
- Pengaturan Lokasi Penyimpanan
- Pengaturan Status Produk
- Pengaturan Analisa Penjualan
- Data Master Produk
- Business Patners
- Data Pelanggan
- Data Pemasok
- Jenis Mitra Usaha
- System Resources
- Data Perusahaan
- Pengaturan Organisasi
- Daftar Mata Uang
- Cata Pembayaran
- Resources Group
- User Group Management
- Hak Akses Sementara
- Database Backup/Restore
- Setting
2. Pembelian :
- Order Pembelian
- Retur Pembelian
- Data Pemasok
- Laporan Pembelian
- Custom Forms (Add-Ins)
3. Gudang :
- Transaksi Penerimaan Barang
- Transaksi Pengambilan Barang
- Pemindahan Barang Antar Lokasi
- Cetak Barcode
- Stock Opname
- Monitoring Kondisi stock, Kartu Stock dan Nilai Inventory
- Laporan Gudang
- Laporan Gudang (Add-Ins)
- Custom Forms (Add-Ins)
4. Penjualan :
- Penawaran Harga
- Surat Pemesanan
- Surat Jalan
- Penjualan Langsung
- Retur Penjualan
- Proses Data Penjualan Cabang
- Proses Pemindahan Barang Cabang
- Proses Stock Opname Cabang
- Faktur Penjualan
- Data Pelanggan
- Penetapan Harga Jual
- Penetapan Status Produk
- Pengaturan Paket Promo
- Laporan Penjualan
- Laporan Penjualan (Add-Ins)
- Custom Forms (Add-Ins)
5. Accounting :
- Pengaturan
- Tahun Fiskal
- Kelas Akun
- Kategori Akun
- Daftar Akun
- Rekening Kas/Bank
- Jenis Pajak
- Jenis Hutang/Piutang
- Jenis Transaksi
- Daftar Project
- Group Laporan Laba/Rugi
- Group Laporan Berdasarkan Organisasi
- Transaksi Kas/Bank
- Penerimaan Kas/Bank
- Pengeluaran Kas/Bank
- Invoice Supplier
- Entri Jurnal
- Verifikasi Jurnal
- Buku Besar
- Laporan Accouting
- Laporan Accounting (Add-Ins)
- Custom Forms (Add-Ins)
SAT.ACM adalah sebuah perangkat lunak bisnis laporan keuangan terbaik dengan fasilitas yang sangat lengkap serta dapat diandalkan. Dikembangkan khusus untuk bidang akuntasi untuk laporan keuangan perusahaan. Aplikasi ini sudah mendukung proses operasional bisnis sehari-hari serta saling terintegrasi.
Setiap user dapat mempelajari program ini dengan cepat dan paham, karena program ini dirancang user friendly serta berjalan di lingkungan sistem operasi Windows, sehingga user akan familiar dalam penggunaanya, aplikasi ini juga sudah didesain untuk ruang lingkup Local Area Network (LAN) bahkan Online.
Keunggulan SAT.ACM
- Support laporan keuangan
- Mempercepat proses pekerjaan
- Mempermudah proses pekerjaan
- Multiuser
- Mempermudah dalam pembuatan laporan
- Membantu dalam meningkatkan performance perusahaan
- Membantu meningkatkan omset perusahaan dengan keakurasian
Modul
- Transaksi Penerimaan Kas/Bank
- Invoice Supplier
- Entry Jurnal
- Verifikasi Jurnal
- Buku Besar
- Multi Currency
- Cost Centre
Report (Default)
- Laporan Analisa Umur Hutang
- Laporan Analisa Umur Hutang
- Hutang Usaha
- Piutang Usaha
- Laporan Neraca
- Laporan Arus Kas Bank
- Buku Besar
- Journal Entry
- Rugi / Laba
- Neraca Percobaan
Company Client
- PT. Inti Solusindo Jaya
- PT. Catur Putra Jaya
- PT. Catur Anugerah Mandiri
- PT. Catur Sukses Makmur
- CV. Saudara Motor
- PT. Indowan
SAT.SMP adalah software bisnis perbengkelan terbaik dan termudah untuk digunakan, fasilitas yang sangat lengkap dapat diandalkan, dan dikembangkan khusus untuk bidang jasa perbengkel mobil dan motor. Alikasi ini sudah mendukung bisnis proses operasional sehari-hari serta saling terintegrasi. SAT.SMP dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengusaha perbengkelan, dibuat berdasarkan dari survey para analis yang handal sehingga mampu menciptakan suatu program yang sangat canggih dan dapat diandalkan untuk pengembangan usaha perbengkelan. Setiap user dapat mudah sekali untuk mempelajari program ini, karena program ini dirancang berjalan di sistem operasi Windows, sehingga dapat memudahkan user dalam penggunaanya, aplikasi ini juga sudah di design untuk ruang lingkup Local Area Network (LAN).
Keunggulan SAT.SMP
- Support layanan service, penjualan sparepart, accounting
- Mempercepat proses pekerjaan
- Mempermudah proses pekerjaan
- Multi user
- Mempermudah dalam pembuatan laporan
- Membantu dalam meningkatkan performance bengkel
- Membantu meningkatkan omset bengkel
Mengadministrasi Kegiatan Operasional
- Memanage data pelanggan
- Data pemasok
- History catatan pemasok
- Work order
- Transaksi penjualan
- Estimasi biaya
- Layanan service
- History catatan pelanggan service
- Pembelian
- Retur pembelian
- Inventory
- Data stock
- Data nilai inventory
- Laporan bengkel
- Input auto jurnal
- Entri jurnal
- Transaksi kas/bank
- Laporan accounting
Modul
- Inventory
- Business Partners
- Sumber Daya Manusia
- System Resources
- Warehouse
- Purchasing Order
- Good Receive
- FrontDesk
- Job Assignment
- Sales Order
- Stock Opname
- Retur Penjualan
- Accounting
- Sync Master Data / Transaksi
Report (Default)
- Laporan Pembelian
- Laporan Penjualan
- Laporan Gudang
- Laporan Accounting
Company Client
- PT. Catur Putra Jaya
- PT. Catur Anugerah Mandiri
- CV. Saudara Motor
SAT.SDM (Sales and Distribution Management) merupakan sebuah perangkat lunak yang dikembangkan khusus untuk keperluan bisnis di bidang otomotif, khususnya showroom sepeda motor, walaupun kedepannya tidak menutup kemungkinan akan digunakan juga di showroom-showroom kendaraan lain.
Pada SAT.SDM terdapat menu-menu standar seperti yang dijumpai di aplikasi SAT Nusantara yang lain yang berbeda hanya keberadaan menu Dealer, yang digunakan sebagai menu penjualan kendaraan.
Sistem yang digunakan untuk membantu pada proses biro jasa. Pada SAT.H1 nantinya akan terdapat modul dari SAT Biro Jasa ini.
Modul
- Master Business Partner (Company, Third Party, Customer)
- Master Organization
- Master Area (Needed for pricelist)
- Delivery Document
- Acceptance Unit
- Payment Modul
Company Client
- PT. Catur Putra Jaya
- PT. Catur Anugerah Mandiri
Sistem yang digunakan untuk membantu dalam penggajian tenaga kerja, serta mengatur hubungan dan peranan sumber daya (tenaga kerja) dan Perusahaan.
Modul
- Master Employee
- Master Company
- Master Job Position
- Master Organization
- Working days
- Attendance
- Overtime Request
- Leave Request
- Master Salary ( Salary Component, Grouping Category Payroll)
- Process Payroll
Company Client
- PT. Catur Putra Jaya
- PT. Catur Anugerah Mandiri
- PT. Inti Solusindo Jaya
- PT. Catur Sukses Makmur